Selasa, 06 Desember 2011

Menikmati Nuansa Cinta Siti Nurbaya



MASIH ingat dengan kisah cinta Siti Nurbaya dan Samsul Bahri yang penuh romantisme? Bila ya, untuk bisa merasakan kesan cinta sejati mereka Anda bisa berkunjung ke Taman Siti Nurbaya.

Taman ini merupakan salah satu kawasan wisata yang terletak di sebelah barat Kota Padang yang dapat dicapai dengan menempuh perjalanan sekitar setengah dari Kota Padang.

Taman Siti Nurbaya merupakan puncak bukit yang disebut Gunung Padang. Sesampainya di sini Anda bisa menikmati pemandangan kota padang dengan lanskap pemandangan laut yang membentang.

Di awal-awal perjalanan, terdapat pula meriam-meriam tua sebagai sisa peninggalan penjajahan di masa lampau. Makam Siti Nurbaya dapat dicapai setelah menempuh perjalanan menaiki anak tangga sepanjang satu kilometer.

Sebelum menapaki anak tangga menuju makam Siti Nurbaya, terlebih dahulu Anda melewati jembatan Siti Nurbaya sepanjang 60 meter yang merupakan akses menuju kawasan Taman Siti Nurbaya dengan terusan Jalan Nipah. Jembatan ini melintang di atas Sungai Batang Arau yang berwarna merah hati dengan dihiasi banyak lampu jalan.

Jembatan ini nampak cantik bila senja menjelang. Pemandangan sore hari dengan angin pantai, dan lampu-lampu kapal yang mulai dinyalakan menambah romantis suasana. Dari jembatan, Anda dapat menikmati bangunan-bangunan tua di sepanjang kota tua Padang dan kapal-kapal nelayan yang berada disekitar dermaga.

Makam Siti Nurbaya terletak di balik bebatuan besar dengan diameter sekitar tiga meter yang membentuk celah kecil sebagai pintu masuk. Sesampainya di kawasan makam ini, pengunjung dilarang berfoto-foto atau mengabadikan bentuk makam. Konon katanya, aktivitas tersebut dapat berakibat buruk bagi si pengunjung. Menurut keterangan masyarakat setempat, konon sekitar 10 meter di tebing di bawah makam Siti Nurbaya terletak makam Samsul Bahri.

Selain berziarah ke makam Siti Nurbaya, Anda juga dapat menikmati sebuah taman yang sangat indah dengan pepohonan yang rindang dan bangku dari semen yang terdapat di pintu keluar pemakaman.

Selain itu, di sini juga terdapat beberapa pondok untuk bersantai sambil menikmati udara yang sejuk.

1 komentar: